Perpanjang SIM C di Kebumen

Saya memproses perpanjang SIM ini sekitar bulan September 2016. Sebenarnya SIM saya masih berlaku sampai Agustus 2017, tetapi saya tak sengaja menghilangkannya di pesawat pulang dari Denpasar. Awalnya sih mau bikin surat kehilangan dan minta SIM lagi, tapi pas saya tanya ke petugas di bagian SIM, disuruh perpanjang aja, lebih mudah dan cepat. Okay!

Saya diminta mengurus Surat Keterangan Dokter di Asrama Polisi (sama kaya pas bikin SIM baru dulu) dan bikin surat kehilangan di Polres/ Polsek terdekat (saat itu saya bikin di Polres karena di Polsek mati lampu, wkwkwk). Setelah selesai, saya kembali lagi ke Satlantas, mengisi formulir, menyerahkan ke petugas, bayar uang perpanjangan, kemudian menunggu panggilan foto.

Sebelum foto, petugas akan menanyakan mengenai data diri, apakah ada perubahan, jika ada, akan ditulis data yang terbaru di SIM yang baru. Waktu itu saya jawabnya tidak ada. Padahal, statusnya udah berubah, dari mahasiswa (bikin SIM dulu pas mahasiswa abis lulus, yang sebenarnya juga pengangguran) ke pengangguran. Daripada enggak banget kan masa ditulis pengangguran, yasudah saya biarkan saja mahasiswa, toh tahun depan saya juga akan sekolah lagi, artinya status tetap mahasiswa.

Cekrrekk! Selesai foto, kembali duduk manis sekitar 5 menit untuk menunggu SIM barunya tercetak. Dan sudah, selesai!!

Proses ini juauhhhhh lebih cepat dibandingkan perjuangan membuat SIM, hehehe. Saya dulu termasuk yang sedikit idealis jadi bikin SIM aja ikut jalur depan, yang lumanya nyita waktu banget. Tapi tetap saja, kenyataan membuktikan bahwa hanya 1 dari 100 peserta ujian sim C yang bisa lolos beneran, saya termasuk yang gak lolos ujian praktek sehingga harus bikin ‘sertifikat pelatihan’. Itu lho, yang naik motor di rute zig-zag sama angka 8! Saya langsung menjatuhkan patok kedua hahaha… padahal kemampuan naik motor saya juga lumayan lho, wkwk. Satu kebanggaannya itu cuma pas ujian teori, saya langsung lolos!

2 thoughts on “Perpanjang SIM C di Kebumen

Leave a Reply

