Dasar-dasar Pentingnya MP-ASI.part1

117984555Kali ini saya mau share sedikit dari pelatihan yang saya ikuti beberapa hari yang lalu. Materi ini berasal dari Perinasia, mereka yang menjadi fasilitator adalah temen-temen dinas dan senior saya di lapangan. Okey, buat yang sempet mari kita simak guys!

Kalian semua pastinya udah tau dong kalau MP-ASI itu diberikan setelah bayi berusia 6 bulan? Kalau ASI? Itu juga pasti bukan hal yang baru ya kalau ASI eksklusif sampai 6 bulan kemudian dilanjutkan hingga 2 tahun (lebih). Kira-kira petuah itu asalnya darimana ya? Ada yang tau? Mungkin temen-temen ada yang tahu dari bu bidan, bu dokter, pak dokter, atau iklan (hehe… iklan geng). Apapun itu, scientifically, itu adalah bunyi dari rekomendasi WHO/ UNICEF 2002 yang sebenarnya ada 4 point, yaitu IMD, ASI Eksklusif, MP-ASI yang tepat sejak usia 6 bulan, dan melanjutkan ASI hingga usia 2 tahun/ lebih.

Kali ini, marilah kita sedikit bercakap mengenai dasar-dasar pentingnya MP-ASI.

Bayi dan anak yang mendapat ASI sampai usia 2 tahun/ lebih akan tumbuh kuat dan sehat serta berkembang dengan baik.

Hingga bayi berusia 6 bulan, ASI sudah memenuhi seluruh kebutuhannya, mulai dari energi, zat gizi, bahkan zat-zat lain yang hanya diperoleh di ASI seperti antibodi yang melindungi bayi dari berbagai ancaman infeksi. Selain itu, memberikan ASI (menyusui) juga memiliki segudang manfaat untuk ibu dan bayi, sebagai contohnya mempererat kasih sayang antara ibu dan bayi. Manfaat lainnya masih banyak, monggo dicari e kalau temen penasaran. 🙂

Pada bayi usia 0-6 bulan ASI sudah memenuhi 100% kebutuhan gizinya, kemudian di usia 6-12 bulan ASI masih memenuhi 50%-nya, dan menginjak usia 12-24 bulan ASI hanya memenuhi 30% kebutuhan gizi. Oleh karena itu, bayi membutuhkan MP-ASI sejak usia 6 bulan, kemudian di usia selanjutnya dengan pola yang berbeda.

Lalu bagaimana pola yang tepat itu? Sebelumnya kita perlu tau dulu nih MP-ASI yang tepat itu yang bagaimana seh. Yapp, MP-aSI yang tepat adalah makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi sehingga bayi/ anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. MP-ASI diberikan secara bertahap sesuai dengan umur anak, mulai dari MP-ASI jenis lumat, lembik, sampai makanan keluarga. And the most important thing, pemberian ASI jugaterus dilanjutkan sebagai sumber zat gizi dan faktor pelindung penyakit sampai anak berusia 2 tahun/ lebih. Ringkasnya kaya gini ya.

Usia (bulan)              Makanan

0-6                            ASI

6-8                            ASI + makanan lumat

9-11                           ASI + makanan lembik

12-24                         ASI + makanan keluarga

Ada makanan lunak, lembik, makanan keluarga, apa itu maksudnya ya? bedanya apa? hehe… terus kalau dikasih MP-ASI yang beli di toko itu bagaimana ya? atau kalau kita buat dari tepung yang ada rasa macem2 itu bisa kah? Terus kalau misal belum usia 6 bulan kita kasih makanan lain bagaimana ya? di beberapa tempat itu sudah biasa dilakukan dan bayinya anteng-anteng saja.

Penjelasan mengenai itu nanti dulu ya guys.. Kali ini stop sampai disini dulu. 🙂

Rujukan:

PERINASIA. 2015. Bahan Bacaan: Manajemen Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI). Jakarta.

http://www.who.int/nutrition/topics/infantfeeding_recommendation/en/

http://www.gettyimages.co.uk/detail/photo/parents-feeding-baby-girl-royalty-free-image/117984555 (gambar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s